TelkomGroup Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data Lebaran 2025: Jaringan 5G Menjangkau 56 Kota!

TelkomGroup Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data Lebaran 2025: Jaringan 5G Menjangkau 56 Kota!

55 NEWS – Jelang Ramadan dan Idulfitri 1446 H, TelkomGroup memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan digitalnya untuk menghadapi lonjakan trafik data yang signifikan. Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, dalam konferensi pers di Kementerian BUMN pada Selasa (18/3), menyatakan komitmen penuh untuk menjaga kualitas layanan prima selama periode tersebut. Perusahaan memprediksi lonjakan trafik broadband hingga 28% dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai 20,35 Tbps. Untuk mengantisipasi hal ini, TelkomGroup telah meningkatkan kapasitas jaringannya menjadi 58,4 Tbps.

COLLABMEDIANET

Kesiapan ini mencakup penguatan infrastruktur di 476 titik keramaian (PoI), termasuk kawasan wisata, pusat perbelanjaan, transportasi publik, dan jalur mudik. Lebih dari 234 ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel telah diperkuat, dengan layanan 5G kini menjangkau 56 kota di Indonesia. TelkomGroup juga telah melakukan berbagai pengujian, termasuk rehearsal network, drive test, dan stress test, untuk memastikan keandalan jaringan. Monitoring layanan dilakukan 24/7 oleh 480 personel di 57 posko RAFI yang tersebar di seluruh Indonesia, didukung oleh 9.000 teknisi lapangan.

TelkomGroup Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data Lebaran 2025: Jaringan 5G Menjangkau 56 Kota!
Gambar Istimewa : file.fin.co.id

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menambahkan bahwa Telkomsel siap mendukung penuh kesiapan ini dengan peningkatan kapasitas jaringan yang lebih andal dan berbagai promo menarik bagi pelanggan. Data menunjukkan, trafik data diperkirakan meningkat hingga 16% dibandingkan periode Idulfitri sebelumnya, mencapai total payload 69,14 PetaBytes (PB) pada puncaknya.

Tak hanya fokus pada infrastruktur, TelkomGroup juga menjalankan program sosial, antara lain memberikan santunan kepada anak yatim piatu, bantuan komputer dan akses internet untuk sekolah, serta bantuan kepada dhuafa dan disabilitas. Hal ini sejalan dengan misi Asta Cita pemerintah untuk mendorong inklusivitas digital dan meningkatkan ekonomi digital di Indonesia. TelkomGroup melayani 158,4 juta pelanggan Telkomsel, 9,69 juta pelanggan IndiHome, 590 ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.

Ririek Adriansyah menutup konferensi pers dengan harapan agar masyarakat dapat menikmati momen Ramadan dan Idulfitri dengan lancar dan nyaman berkat layanan TelkomGroup. Ia juga menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa dan Idulfitri.

Editor: Akbar soaks

Jika keberatan atau harus diedit baik Artikel maupun foto Silahkan Laporkan! Terima Kasih

Tags:

Ikutikami :

Tinggalkan komentar