Lebaran 2025: BRI Siapkan Dana Fantastis, Tapi Ada yang Berubah!

Lebaran 2025: BRI Siapkan Dana Fantastis, Tapi Ada yang Berubah!

55 NEWS – Jelang Lebaran 2025 (28 Maret – 7 April), Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyiapkan dana segar Rp32,8 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat. Angka ini, menariknya, lebih rendah dari tahun lalu. Apa penyebabnya? Apakah ini pertanda pergeseran kebiasaan transaksi masyarakat Indonesia?

COLLABMEDIANET

SEVP Operations BRI, Nyoman Sugiri Yasa, menjelaskan bahwa penurunan dana yang disiapkan sebesar 6,12% dibandingkan realisasi tahun lalu, disebabkan oleh penurunan transaksi tarik tunai hingga 15% secara year-on-year (yoy). Fenomena ini menunjukkan tren peningkatan transaksi non-tunai yang semakin digandrungi masyarakat.

Lebaran 2025: BRI Siapkan Dana Fantastis, Tapi Ada yang Berubah!
Gambar Istimewa : file.fin.co.id

"Meskipun demikian, BRI tetap berkomitmen untuk memastikan ketersediaan likuiditas yang cukup di seluruh jaringan kami," tegas Nyoman. BRI memastikan layanan perbankan tetap optimal selama libur Lebaran, baik melalui jaringan kantor cabang, mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia, maupun layanan digital.

Data menunjukan peningkatan signifikan transaksi digital di BRI. Transaksi Super Apps BRImo melonjak 40,54% (yoy), transaksi QRIS BRI tumbuh 186% (yoy), dan transaksi EDC merchant BRI meningkat 177% (yoy). Ini menjadi bukti kuat pergeseran perilaku konsumen ke arah transaksi digital.

BRI juga memastikan keandalan lebih dari 19.670 unit ATM dan CRM hingga akhir Desember 2024, serta lebih dari 796 ribu jaringan e-channel yang terdiri dari 776 ribu EDC, 10 ribu ATM, dan 9 ribu CRM. Untuk menjangkau daerah terpencil, BRI mengandalkan lebih dari 1 juta Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa kantor layanan BRI juga akan beroperasi terbatas di titik-titik strategis selama libur Lebaran.

Dengan strategi terintegrasi ini, BRI memastikan akses perbankan tetap mudah diakses masyarakat, baik melalui layanan konvensional maupun digital. "Kami ingin masyarakat menikmati Lebaran dengan tenang, tanpa khawatir kesulitan akses layanan perbankan," pungkas Nyoman. BRI siap melayani Indonesia, baik melalui jaringan kantor, ATM, BRImo, maupun Agen BRILink.

Editor: Akbar Soaks

Jika keberatan atau harus diedit baik Artikel maupun foto Silahkan Laporkan! Terima Kasih

Tags:

Ikutikami :

Tinggalkan komentar